Apa Itu Gossip?

Gossip, kebanyakan kita sering mendengar tentang ini. Gossip adalah sesuatu yang menarik manusia. Liat aja banyak tayangan gosip tentang artis di TV. Mulai jam 6 pagi sampai sore aja ada.

Apa itu Gosip?

Gosip adalah sebuah cara penyebaran berita dari mulut ke mulut dan informasi yang disampaikan berupa rumor atau informasi rahasia/pribadi. Gossip sering disalahartikan dengan rumor yaitu informasi yang tidak memiliki data dan fakta yang valid. Sebabnya penyebaran rumor biasanya dilakukan lewat media gossip.

Trus buat apa?

Dalam era informasi, informasi adalah komoditas yang langka dan sangat berharga. Kecepatan dalam mendapatkan informasi dari kompetitor adalah suatu keunggulan. Gossip biasanya dimanfaatkan sebagai alat untuk mendapatkan dan menyebarkan informasi.

Fungsi dari gossip itu sendiri adalah:

  • Memperkuat batasan moral. Isu-isu seperti perceraian diangkat dalam aneka ria gossip untuk merefleksikan batasan moral masyarakat
  • Mengembangkan sense of community lewat kepentingan bersama dan informasi. Gossip sering dimanfaatkan sebagai alat untuk mempererat tali komunitas. Gossip seperti,”Eh si itu jalan sama anu” akan menambah rasa memiliki dalam komunitas.
  • Menghibur, gossip adalah suatu hiburan tersendiri karena itu disebut infotaiment
  • Mengembangkan cerita. Bumbu adalah suatu penyegar dalam gossip. Cerita yang jujur bisa berkembang menjadi sebuah cerita dengan sejuta bumbu.
  • Mengembagkan social accountability. Akurasi informasi dari gossip membantu kita untuk menentukan whos to trust in what to trust dalam komunitas.
  • Meningkatkan status sosial, sudah barang tentu siapa yang lebih sering digosipkan, dialah yang paling populer. =p
  • Sebagai alat perjodohan. Kepopuleran di atas bisa membantu kita mengekstrak informasi tentang calon pasangan kita, terutama jika ia populer maka informasi tentang dia bisa didapatkan dimana-mana(akurasi? Namanya juga gossip)
  • Merefleksikan opini publik yang sebenarnya.

Setelah kita lihat di atas maka bisa disimpulkan bahwa sebenarnya gossip adalah sesuatu hal yang baik. Tapi kok sawangane(bs jawa yang artinya kelihatannya) kok gossip itu jelek? Kenapa ya?

Apa sih sisi jeleknya gossip?

Kejelekan gossip adalah saat gossip itu dianggap sebagai suatu kebenaran. Liat aja di infotaiment tentang kasus artis2. Kita selalu melihat bias karena informasi yang kita dapat tidak lengkap atau telah korup. Hal ini dikarenakan informasi yang menyebar seringkali tidak obyektif dan reliabel(lidah tak bertulang bung!).

Banyak gossip berkembang menjadi suatu bencana publik yang tak terkendali. Untuk simulasi coba liat film “Gossip”, film tentang sekelompok anak muda yang mengembangkan gossip yang menurut mereka,”no dangerous” dan berakhir pada suatu kasus pembunuhan.

Seringkali gossip bersifat merusak karena berasal dari sumber yang seakan-akan dapat dipercaya dengan fakta yang seakan kuat, sehingga gossip itu diterima sebagai informasi.

Dalam bentuk extrem hal ini dapat berupa hoax, fraud, atau disinformation.

Gimana Cara Membuat Gossip?

Prinsip dasar sebuah gossip sama dengan prinsip dasar berbohong, Studi Kasus “Gosip Santi mau nikah”:

  1. Pilih topik yang bombastis seperti “Santi mau nikah”
  2. Cukup menyimpangkan sedikit dari fakta yang ada, disinformasi adalah raja,”Status YM : Persiapan akad nikah tanggal 2 Juni”
  3. Sembunyikan fakta yang melemahkan seperti, sebenarnya Santi sudah mbantah, and yang nikah sebenarnya mbaknya =p
  4. Tegaskan fakta yang meyakinkan walaupun spekulatif atau mengada-ada, “onok nang status YM-nya”
  5. Jika gossip itu tanpa dasar kembangkan dengan se-ekstrim dan sebesar mungkin. Main klaim tanpa dasar yang kuat bisa dilakukan
  6. Kasih referensi yang seakan kuat tapi susah dicrosscek, seperti kata Dosen, atau kata Rektor waktu pidato setahun yang lalu, ato rekaman yang nggak jelas suara sapa trus diaku rekamannya suara si X. “Status YM-nya gari selasa lalu kayak gitu kok”
  7. Sebarkan melalui sumber yang bisa dipercaya, “status YM-ku sendiri trus menjalar ke statusnya temen, diperkuat berita di BBS”
  8. Jangan pernah meragukan kebohonganmu.
  9. Jika kebohongan itu bisa meyakinkanmu itulah kebohongan sejati =p

Setelah anda bisa membuat sebuah gossip maka jangan disalahgunakan ya…

About dnial

You don't see anything You don't hear anything You don't know anything Move along and pretend nothing happen

Posted on 17 Mei, 2006, in writting. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. A B S U R D !!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: