Apa itu kebenaran?

Setelah membaca tanggapan Bung Ical tentang temuan ilmuwan inggris soal lumpur Lapindo, otak saya bertanya dengan sederhana…

Setahu saya ilmu pengetahuan itu bukan demokrasi. Jika ada satu pendapat yang berbeda dengan yang lain, jika dia bisa membuktikannya dengan metodologi yang benar, maka pendapatnya itu proven, meskipun pendapat sebaliknya dipercaya oleh 1001 ilmuwan yang lain.

Mencampuradukkan ilmu pengetahuan dengan kepercayaan umum membuat Galileo dipenjara karena mematahkan teori geosentrisme, di lain pihak Einstein dihormati karena mematahkan teori mekanika Newton (lebih tepatnya teori Newton menjadi kasus khusus dari teori Einstein) saat dia menjadi seorang nobody di sebuah lembaga paten – err… aku sendiri agak lupa soal sejarah ini –

Pertanyaan sederhananya adalah, apakah seorang pengusaha-menteri-pemimpin perusahaan yang sarat teknologi (Esia, Lapindo, Bakreland dkk ) tidak mengetahui hal ini sehingga dia memberi pernyataan seperti itu?

Jika apatisme menjadi sikap yang berulangkali ditunjukkan seorang Menko Kesra, masih layakkah dia menjabat menko kesra?

About dnial

You don't see anything You don't hear anything You don't know anything Move along and pretend nothing happen

Posted on 13 Juni, 2008, in idealist, small talk, writting. Bookmark the permalink. 9 Komentar.

  1. Menungso ojo rumongso biso nanging kudu bisa rumongso
    -Java proverbs-

  2. menko kesra yang tidak mensejahterakan rakyat… eh, malah dia makin sejahtera ya..🙂
    mungkin namanya diganti aja jadi MenkoKesMen ( Mentri Koordinator Kesejahteraan Mentri! )🙂

  3. Kalau 1 ilmuwan ‘sudah terbukti benar’ (yang berarti harusnya sudah lewat proses peer review), tapi tidak diakui 1001 ilmuwan lainnya sih…menurut saya salah satu pihak patut diragukan kredibilitasnya sebagai ilmuwan.

    Di sisi lain, kalau temuan 1 ilmuwan mau melawan ‘kepercayaan’ 1001 ilmuwan, maka si 1 ilmuwan ini harus datang dengan hasil yang ‘sempurna’ (extraordinary claims need extraordinary proof), makanya perhitungan Einstein dulu dicuekin sama sebagian besar ilmuwan sebelum berhasil dibuktikan di lapangan sama rekan-rekannya.

    Terkait dengan lumpur lapindo ini sih, dugaan saya sih temuan si 1 ilmuwan itu masih terbuka untuk dikritik, karena saya dengar nyari datanya ya memang susah (pihak lapindo nggak begitu terbuka, sementara melongok ke dalam lubang semburannya juga gak gampang). Tapi untuk detail kontroversi yang ada, mending tanya Pak Rovicky deh…😛

  4. aku cuma mau mengomentari posting sebelum ini
    karena mataku sensitif begitu ada 2 huruf besar yang bejejer nan mengerikan itu😀

  5. komen saya sama seperti di blog lain yg bahas soal ini; mau ngomong apa lagi kita ketika Ical ga punya nurani

  6. gak penting: wuih liat bodynya ical… kekar… pasti punya alat fitness dirumah… rajin olahraga tuh… tapi… harta2nya pernah dipake buat bantu orang2 susah ga ya… hmm… ato jangan2 ical tipikal orang2 kaya saat ini… males bersedekah…

  7. @rama
    Sepakad!!

    @catshade
    Saya lupa prinsip itu… terimakasih telah mengingatkan.

    @dimasrlp
    Opo ngeh? TA?

    @hedi
    Kalo saya… Program BOIKOT ESIA bisa mulai digalakkan.👿

    @dr
    ya… kayak kamu.. malas bersedekah.. hehehehe….

  8. boikot esia dan produk bakrie lainnya merupakan salah satu wujud simpati kita terhadap korban lapindo. jangan memperkaya orang yang sudah sangat kaya, dan mempersulit orang yang sedang berada dalam kesulitan.
    “Barangsiapa yang berada dalam kebutuhan saudaranya maka Allah berada dalam kebutuhannya, dan barangsiapa menghilangkan satu kesusahan orang Muslim dari berbagai kesusahan dunia maka Allah menghilangkan satu kesusahan dari berbagai kesusahan di hari qiyamat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: