Memilih komputer from dummies(1)

Baiklah, di posting sebelumnya sudah dibahas tentang beberapa isu yang harus diperhatikan saat memilih komputer. Isu sebelumnya adalah : apakah kita butuh? kapan pembeliannya? dan PC atau laptop?

Nah, kamu sudah menjawab pertanyaan itu kan? Langkah berikutnya agak berbeda jika kamu milih PC atau laptop. Apa isu selanjutnya?

Laptop merek lokal atau luar?

Mau pilih mana? Laptop merk dalam negeri (ex. Axioo, Byon, Zyrex, dll) atau Laptop merek luar negeri(Toshiba,Acer, dll) ? Atau mau merakit sendiri? Tapi setahu saya, jarang sekali ada laptop rakitan.

Aspek yang harus dipertimbangkan adalah, kepercayaan terhadap merek. Ini psikologis, dan sangat subyektif. Kalau sebelumnya kamu puas dengan merk tertentu, ada baiknya kamu terus menggunakannya.

Jika, misal, kamu anggap MacBook itu keren, ya pilih MacBook. Kalau kamu sudah terkesan ThinkPad itu kokoh, ya ada baiknya kamu tetep pilih thinkPad.

Kapan kita pilih merek lokal? Jika kita nyari harga yang (biasanya) lebih murah. Laptop lokal biasanya, untuk spesifikasi yang sama, lebih murah dari merek luar. Tapi harga murah tergantung berbagai faktor, yang akan dibahas selanjutnya.

Tapi jika kamu adalah orang yang suka bawa laptop ke luar negeri, pastikan kamu beli merek luar, dan pastikan kamu dapet garansi internasional. Laptop bergaransi internasional biasanya lebih mahal. Kadang, pengalaman teman saat beli laptop, bisa berbeda 1-2 juta.

Emang ada berapa tipe garansi?

Setahuku ada Garansi internasional, jadi kita bisa memperbaikinya (jika rusak) dimana saja, di seluruh dunia, selama ada perwakilan produsen di negara itu. Jadi, kalau kamu pergi bawa laptopmu ke Somalia, kecil kemungkinan garansi internasional berguna.

Garansi nasional, sesuai namanya, garansi ini hanya berlaku di Indonesia. Dan seperti kasus di atas, jika laptopmu rusak di pedalaman hutan Kalimantan, maka kamu bisa membawa ke perwakilan produsen terdekat.

Garansi toko, artinya, jika rusak maka kita hanya bisa menyerahkannya ke toko tempat kita membeli, dan toko itu yang akan mengembalikannya ke produsen.

Tanpa garansi, sudah jelas.

Garansi maling, jika laptopmu rusak, maka toko akan mengontrak maling untuk “menemukan” laptop yang mirip dengan milikmu. Tipe garansi ini tidak disarankan.

Setahuku, semakin rendah tipe garansinya, maka akan semakin murah.

Jika PC maka isunya adalah branded atau rakitan.

Kapan memilih branded? Jika kamu butuh support untuk komputermu. Misal untuk kantormu ada baiknya kamu pilih yang branded, karena supportnya terpercaya. Jika rakitan, susah supportnya.

Lalu, jika kita butuh komputer dalam jumlah besar. Ada baiknya kamu pilih yang branded. Karena satu tipe PC branded akan selalu seragam. Sedang rakitan? Kadang stok parts merek tertentu habis, lalu penjual menggunakan merk lain yang meskipun setipe tapi beda. Ini menyulitkan dalam maintenance.

Tapi jika support dan keseragaman PC yang ditawarkan penjual PC rakitan cukup meyakinkan, ada baiknya kamu pertimbangkan.

Kenapa kok mesti seragam? Silahkan kamu tanya bagian IT di kantor saja yah… penjelasannya cukup panjang. Tapi intinya, jika kamu punya 10 PC yang tidak seragam dan 100 PC yang seragam baik spek maupun software, maka maintenance-nya lebih mudah pada kasus terakhir. Bayangkan kasus:

Kasus 1 : komputer semua seragam.

staff IT : PC itu rusak. Kelihatannya RAM-nya kena.

staff IT lain: OK akan segera diganti RAM-nya.

Kasus 2 : komputer tidak seragam.

staff IT : PC itu rusak. Kelihatannya RAM-nya kena.

Staff IT lain : RAM PC itu pake tipe apa?

Staff IT : DDR 2 SDRAM 2700

Staff IT : Oke segera diganti.

Kelihatannya mudah? Coba bayangkan jika yang rusak RAM-nya 10 komputer, dan setiap komputer beda-beda tipenya. Tapi, seragam atau tidak, jika yang rusak cukup banyak, maka kamu harus mulai mencurigai penjualnya menjual produk yang buruk.

Lalu kapan memilih rakitan?

Saat kamu mencari sesuatu yang lebih murah. Atau kamu pingin kebebasan mengupgrade PC-mu. PC branded cukup susah diupgrade. Kadang perubahan tertentu membuat garansi tidak berlaku.

Dan lagi.. apa maksudnya refurbished?

Pada dasarnya refurbished adalah komputer (biasanya) branded yang direkondisi sehingga kondisinya mendekati baru. Harganya murah, tapi kemampuannya terbatas karena usianya antara 3 bulan (cukup jarang) sampai tahunan. Kamu bisa pilih refurbished jika kamu butuh komputer banyak, tapi dana terbatas. Garansi komputer refurbished biasanya hanya garansi toko selama 1-3 bulan.

Oke, aku sudah menentukan isu di atas, apa selanjutnya?

Harga dan Spesifikasi.

Tapi kita simpan untuk besok saja.

About dnial

You don't see anything You don't hear anything You don't know anything Move along and pretend nothing happen

Posted on 26 Juni, 2008, in experience, IT, writting. Bookmark the permalink. 8 Komentar.

  1. To err is human, but to really foul things up requires a computer.
    – Farmer’s Almanac, 1978 –

  2. byon dan axioo itu kan rakitan ?🙂

  3. bagi yg ga ada niatan untuk pergi abroad, beli yg garansi toko rasanya sama aja dengan yg garansi nasional. knapa? karna pada dasarnya, ntar toko tempat kita beli itu, ujung²nya juga nge-claim ke Dealer Pusat (Nasional). sama ngantrinya juga. cuma beda prosedur (jalur) aja. lumayan bisa beda sampe 2jt lho..:mrgreen:

    kecuali klo ada niatan untuk stay di luar negri, ya mending beli yg international warranty🙂

  4. @warmorning
    Byon ya kalo nggak salah yang bisa pilih spek sendiri. Tapi kan kita nggak bisa bongkar pasang seenak udel.

    @EL
    Terimakasih atas infonya, sumbernya emang dari pas nyari laptopmu karo dede’ kok man.

    Sebagai tambahan, garansi toko itu cuman bisa dikembalikan ke toko. Beresiko kalo tokonya tutup atau saat berada di kota lain, itu bisa jadi pertimbangan juga.😀

  5. yg mesti hati2 beli komputer sekarang ini (jangkrik), banyak yg rekondisi, termasuk monitornya

  6. @Hedi
    Kalo jangkrik memang sebaiknya kita mengajukan spek sendiri.
    Selain menghindari rekondisi karena customized, juga untuk memanfaatkan keunggulan komputer jangkrik.
    Kalo rekondisi memang seharusnya dinyatakan secara eksplisit.
    Kalo monitor rekondisi, gimana ya cara tahunya?

  7. kalo saya milih PC/Laptop yg penting ada duitnya dulu🙂

  1. Ping-balik: Netbooks Buying from Dummies « Zero Reality

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: