Nama, antara identitas, merek dagang dan harapan(3)

Nulis tulisan bersambung itu menyenangkan. Selain nggak perlu ide baru, kita bisa memanfaatkan pasar yang sudah ada, dan mengembangkan dari sana. Mungkin itu sebabnya hollywood doyan bikin sekuel, dan franchise adalah konsep bisnis yang menarik.

So… aku akan melanjutkan topik yang udah aku mulai beberapa waktu yang lalu. NAMA.

Nama adalah doa,

Orang memberi nama anaknya Rizky dengan harapan dia punya banyak rejeki, atau diberi nama Melati, sebagai doa anaknya cantik seperti bunga melati. Dan sangat jelas orang tidak memberi namanya Bunga atau Mawar dengan doa supaya sang anak jadi korban perkosaan.

Dan agak nggak jelas juga kalau nama anaknya Joko atau Virgianty, emang orangtuanya pengen anaknya tetap Perjaka atau Perawan sampai tua? Dan seringkali orangtua berlebihan dalam doanya, misalkan ada anak bernama Rizki Hartawan Sugiarto, sepertinya orangtuanya ingin anaknya kaya, kaya dan kaya sekali.

Yang jelas, jangan memberi nama anak anda panjang-panjang. Terutama jika berbau Arab, karena saat sang anak menyatakan namanya bisa-bisa disahuti dengan kata, Amin!

Di suku Indian, penamaannya lebih unik. Selain doa, mereka juga memberi nama dengan peristiwa yang terjadi saat kelahiran. Kuda duduk, Beruang Mengamuk, adalah contoh.

Jika di sini mungkin diberi nama Maghribi jika lahirnya waktu Maghrib, atau Purnama jika lahir saat bulan purnama. Yah asal nggak diberi nama Serigala melolong atau Waktu Maling kalau lahirnya jam 2 malam saja.

Atau mungkin peristiwa penting yang terjadi saat kelahirannya. Contoh yang terkenal adalah Hutomo Mandala Putra yang lahir saat operasi Mandala.

Namaku sebenernya juga, Gracyandi diambil dari kata Grace, tema skripsi ayahku saat kuliah. Untung aku nggak nikah saat kuliah dan punya anak saat TA, mungkin jadinya anaku bernama, Datamining.  Panggilannya mungkin Data, kayak android di Startrek.

Nama juga jangan yang susah dieja. Namaku depanku misalnya, Gracyandi, itu bisa berubah jadi graciandi, gracyandy atau graciandy dan beberapa variasi lain, seperti graliandi. Seorang temen, saking susahnya namanya dieja, punya 3 variasi nama berbeda di KSK, KTP dan SIM-nya, padahal orangnya sama.

Hmmm……….

mo nulis apalagi ya?

Segini aja dulu. Ntar lanjut lagi.

No offence full defence buat yang namanya dicokok di sini. Kesamaan nama hanyalah kebetulan belaka.

About dnial

You don't see anything You don't hear anything You don't know anything Move along and pretend nothing happen

Posted on 4 Juli, 2008, in experience, jayus, joke, life, small talk, writting. Bookmark the permalink. 9 Komentar.

  1. Names are easier classifications than bar codes.
    – Unknown –

  2. nyari cowok yang nama nya joko aaaaaaaaaahhh

  3. pertama kali aku baca nama depanmu adalah: GRACYCANDY😛

  4. oh halo, master grace! *ditendang*😛
    mana penjelasan tentang hubungan keberatan nama dengan penyakit kemaren?

  5. @ulan
    Kenapa kok harus Joko?

    @galih
    Tuh kan… makanya selalu disingkat. Menghindari salah eja.

    @takochan
    Next time deh…😀
    Di edisi selanjutnya.

  6. Kalo nama saya artinya apa ya? tanya bapak ah..

  7. kalo yang namanya Abubakar berarti lahirnya pas lg ada kebakaran dong..

    @kishandono
    arti namanya Kiss Hand Oh Nooo…😛

  8. namanya Joko Tole………..artinya apa?:

  9. Oh begitu ya mas. Jadi secara parsial kita bisa jadi seorang peramal , dengan menilik dari suatu nama. Sepakat mas, saya sempat menerka latar belakang seseorang dari nama yang di sandangnya ternyata terkaan saya tidak meleset.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: