Sabtu Pagi dan Leksika

Sudah tahu ada toko buku baru di Jakarta? Sabtu kemarin aku manfaatkan untuk berkunjung ke pembukaan Toko Buku Leksika di suatu daerah di pinggiran Jakarta (dekat kampus IISIP, cuman aku nggak jelas itu daerah mana, Lebak Bulus Lenteng Agung, kata Edi Caplang, maaf saya buta soal daerah situ. kali ya).

Apa sih istimewanya?

Toko buku ini banyak diskon! Itu sudah cukup. Karena selama beberapa bulan di Jakarta, dengan hobi membaca buku yang sangat akut, toko buku di Jakarta sering membuatku miskin seketika.

Toko buku ini mengusung tema keluarga. Jadi diharapkan bisa menjadi one-stop shoping untuk kebutuhan buku sekeluarga.Di toko buku ini ada wifi di atas, dan restoran di bawah. Juga ada coffeeshop (rencananya, soalnya kemarin belum ada). Yang sudah ada kemarin adalah playground untuk anak-anak, dan konsep anak-anak membaca bersama sambil lesehan. Friendly dan ramah banget tempatnya. Di pidato pembukaan, ownernya memang ingin membuat toko buku yang friendly dan tidak intimidatif. Maksutnya, semua orang boleh datang, meskipun nggak punya uang, untuk sekedar membaca buku.

Leksika juga punya beberapa ruang kosong di dalam toko bukunya yang sepertinya untuk ruang membaca. Sayangnya, konsep ini kurang didukung dengan sarana satu buku terbuka sebagai sampel(mungkin karena masih belum semua stok bisa dipajang kali ya).

Dan toko buku ini mengusung semboyan toko buku hijau (padahal warnanya merah bata). Maksudnya, toko buku ini berusaha sedemikian rupa untuk mengurangi sampah akibat buku. Tapi saat launching aku lihat untuk sisi ini butuh pelatihan tambahan, karena para pramuniaganya belum begitu memahami konsep ini.

Jadi ceritanya begini, pada waktu aku membayar di kasir, aku sekalian memberikan tas hadiah dari peluncuran toko buku ini, dengan harapan, nggak usah dikasih dibungkus plastik taruh di tas itu aja, tapi anehnya bukuku malah dimasukin tas plastik. Aku kan jadi bingung, kan jadi nambah limbah plastik lagi, trus tasnya buat apa? Tapi memang saat itu pembelinya banyak (launching yang lumayan sukses mumpung diskon) dan terjadi sedikit kepanikan karena komputernya ngadat (siapa bilang IT nggak penting?), jadi ketidaksigapan pramuniaganya bisa dimaklumi. Semoga di masa mendatang hal ini bisa diperbaiki.

Lalu untuk diskonnya? Saat aku tanya-tanya, ada diskon 30% untuk member, kalau waktu launching kemarin diskonnya mulai 30-70%.

Gimana caranya jadi member? Jadi membernya cukup belanja 22 ribu atau 30 ribu gitu aku lupa. Tapi berhubung tempatnya yang jauh, meskipun ndaftar jadi member. tapi untuk memanfaatkannya aku harus nunggu dibuka dekat Bekasi, karena kabarnya di Leksika bakal buka cabang di Rawamangun.

So, sebagai alternatif toko buku di Jakarta, Leksika cukup menjanjikan, konsepnya bagus dan diskonnya cukup membantu kantong tipis yang haus ilmu seperti saya. Tempatnya yang ada di jalur Jakarta-Depok membuat tempat ini cukup strategis, meskipun di pinggiran Jakarta. Tapi sepertinya business plan Leksika memang membangun toko buku di daerah pemukiman, dan dekat kampus, bukan di pusat keramaian. Semoga toko buku ini bisa berkembang sesuai konsep yang diusungnya.

Semoga sukses!

*bikin review gini dibayar nggak ya, hihihihi… :D*

Trus buku yang diborong?

  1. God Footprints
  2. Wolfs Brother
  3. Thief from bhagdad
  4. buku pertama trilogi Klan Otori
  5. dan banyak buku lain😀

Sebenernya aku mau beli sebuah buku ekonomi yang bagus, aku kira harganya murah, cuma 56rb ternyata…. 560rb. Waks!!! Tambahan saran lagi, kalau bisa label harganya dikasih digit-grouping. Jadi orang yang salah baca label harga seperti aku bisa berkurang. Kan malu, udah mau bayar, harganya ternyata harganya 10 kali lipatnya dan nggak jadi beli😀

About dnial

You don't see anything You don't hear anything You don't know anything Move along and pretend nothing happen

Posted on 7 Juli, 2008, in experience, review, small talk, writting. Bookmark the permalink. 21 Komentar.

  1. itu daerah Lenteng Agung, bro
    bisa juga sih dari Lebak Bulus tapi mesti naik bis dulu

  2. Maap…
    Saya buta Jakarta, habis kemarin dianterin sih😀

  3. Diskonnya min 30% utk semua barang sampai 11 juli, dan ngga harus member kok. Nanti kalau udah belanja 25 ribu, bisa jadi member. gue juga borong disana. Lumayan.

    Emang msh ada kekurangan disana sini, ya namanya first days. tapi overall its a “must visit”. Ngga rugi deh, gue sebagai pelanggan amazon.com terus terang merasa kebantu ama toko buku ini.

  4. Itu di lenteng agung, depan PDI-P.

    Diskonnya min 30% utk semua barang sampai 11 juli, dan ngga harus member kok. Nanti kalau udah belanja 25 ribu, bisa jadi member. gue juga borong disana. Lumayan.

    Emang msh ada kekurangan disana sini, ya namanya first days. tapi overall its a “must visit”. Ngga rugi deh, gue sebagai pelanggan amazon.com terus terang merasa kebantu ama toko buku ini.

  5. @indira
    Yup…
    Koleksi textbook buku impornya lumayan, dan ada kerjasama sama McGraw Hills (di tasnya ada sponsornya itu😀 ). Meski untuk novel luar masih kalah sama Periplus (ya iyalah, kan fokusnya periplus memang buku impor😀 )

    Aku tahu itu first days biasanya masih agak kacau. Makanya, aku kasih saran, supaya (kalo manajemennya baca sih) bisa diperbaiki. Aku bisa memaklumi, cuman harus di-highlight biar keliatan.

    Tapi aku gagal mendapat buku yang sudah aku cari selama sebulan ini, Buku Hamukti Palapa, seri Gajahmada, karangannya Langit Kresna Hariadi.😦

  6. ikutan goodreads nggak mas?? biar kita bisa tukeran info ttg buku..

  7. eh keren jg, nambah keren kalo buku yg udah dibaca dikirim kesini😛

  8. thx infonya, saya setiap hari lewat situ..*pasti mampir*

  9. @ulan
    Nope… Social Networking kah?

    @takochan
    Aku kirim reviewnya saja.
    Kalo inget.

    @Hedi
    Mampirlah. Asik tempatnya. Depan DPP PDI-P.
    Waktu aku jalan2 di sana, ada yang komen, “Bagus tuh, di depan PDI-P ada toko buku, biar kadernya tambah pinter”
    Xixixixixi……..

  10. ebuset…buku 560 rb???…..*geleng2 kepala*….🙂

  11. Kemarin saya sempet ngelirik toko buku ini pas lagi dalam perjalanan pulang dari depok, sayang rasa malas mengalahkan rasa keingintahuan saya😛 Soalnya selama ini sudah terbiasa pake toko buku online, diskon 15% tiap hari, buku diantar gratis ke rumah…🙂

  12. Masukan yang bagus buat toko buku Leksika. Hari ini buat yang belanja min.200 ribu langsung dapat tas cantik leksika, trus buku-bukunya langsung dimasukin ke tasnya, jadi tanpa plastik lagi, go green gitu.

  13. @Chal
    Nggak usah kaget. Buku teksbook memang 100rb++

    @Catshade
    Toko buku online dimana yang dianter ke rumah. Boljug tuh…

    @Rusdy gunawan
    Hehehe…… ada orang Leksika masuk sini.
    Harusnya emang gitu pak. Tapi saya belanja lagi ntar kalo udah ada cabang di dekat saya saja ya pak.😀

  14. Di inibuku.com atau kutukutubuku.com (bukan ngiklan lho ya, saya memang biasanya beli di dua tempat itu😛 ) bisa gratis dianter ke rumah (Jabotabek) kalo belinya minimal 100 ribu rupiah. Tapi buat saya yang lebih ngenakin adalah bisa COD (Cash on Delivery), jadi gak perlu pake kartu kredit (emang gak punya sih), debit, atau repot transfer dulu.

  15. Menarik sekali tema yang diusung toko buku ini, jadi pengen ikutan berkunjung…

  16. Wah, gw pernah ke situ. Toko bukunya top abis. Lagipula, konsepnya adalah rumah kaca jadi beda banget sma toko buku gramedia. Udah gt, pelayannya enggak kaku-kaku karena bergaya funky.

  17. yup, malahan tas nya sekarang bisa dibeli pke 10rb an loh…tapi mesti belanja dulu 50rb.tapi ga rugilah soalnya masih dapt voucher 10rb…

  18. Sepertinya sih bagus! tapi saya belum pernah berkunjung, padahal hanya ± menit dari rumah saya. Jadi malu rumah dekat tapi belum sempat berkunjung….!!

    Btw ada buku tentang php taidak yach…??

  19. wah..udh GO lagi nich di Rawamangun enak deket rmh..selamat y..enak dech tempatnya..paling ngga g pake tangga tinggal pake lift o escalator..hehehehe ^_^…tmn2 di leksika ramah2 juga y..cakep2 lg..hehehe….ada wifi nya juga sama aja sama yg di lenteng..diskonnya g kira2 nich..bagus dech banyak2 beramal..hahahah…
    tengkyu y..kmrn gw dpt voucher 10.000 lumayan..

    Success to Leksika..cayoo pak Rusdi c”)

  20. leksika lenteng agung tata ruangnya cozy banget, pelayannya ramah-ramah, nggak nyangka koleksi bukunya lumayan banyak, harga buku yang ditawarkan juga cukup kompetatif ,mudah2an ownernya memang pencinta buku sejati, walau terlihat biaya operasionalnya cukup tinggi, dengan promosi yang terus menerus dan discount yang menarik tanpa henti di harapkan keberadaan dapat diketahui banyak pecinta buku, sukses leksika

  21. thanx 4 GOD…..
    thanx 4 all…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: