Tentang Kepemimpian

Seseorang yang tidak takut dengan pedangnya tidak layak menyandang pedang.

– Kutipan dari Bleach, diterjemahkan dengan bebas dan semena-mena –

 

“Apakah aku layak jadi pemimpin?” adalah pertanyaan yang sering berdendang di hati manusia di marcapada ini. Banyak iklan pemimpin bertebaran di TV dan koran, menyuarakan bahwa merekalah yang layak memimpin nusantara ini. Benarkah?

Di rak buku di toko buku manapun kamu bisa melihat kumpulan buku tentang kepemimpinan. Manusia akhirnya berpikir, selesai membaca buku itu, mereka layak dan siap menjadi pemimpin. Sesederhana itukah?

Aku tidak percaya kepemimpinan sesederhana itu. Seakan kepemimpinan adalah kualitas yang harus dimiliki oleh setiap orang.

Aku rasa tidak. 

Aku orang yang mampu memimpin (aku pernah melakukannya) tapi sampai sekarang aku enggan melakukannya lagi. Banyak orang menganggap kepemimpinan adalah suatu skill kehidupan, menurutku lebih dari itu. Kita harus tahu apa yang kita hadapi sebelum memutuskan untuk mengambilnya.

Menurutku kepemimpinan itu soal kehidupan, kehidupan orang lain, yang dipercayakan kepada kita. Sesederhana itu.

Bayangkan, kamu dipercayakan kehidupan satu orang lain ke tanganmu. Kemana di pergi, apa yang harus dia lakukan, semua di tanganmu, beserta semua tanggungjawabnya. Man, that’s something (oke, aku menyerah terus menulis dengan bahasa Indonesia😀 ).

Seorang pemimpin harus, dengan menggunakan bahasa arab for lack of better word, AMANAH. Asline aku nggak seberapa paham dengan amanah ini. Tapi yang aku tahu, maksudnya kira-kira the weight of the world is on your shoulder.

Dengan pencerahan ini, yang kudapat beberapa tahun yang lalu, aku nggak paham kenapa orang berlomba2 jadi presiden. Menurutku, ngelihat semua yang terjadi di Indonesia selama 5 tahun ini di bawah SBY. Gimana dia digoyang, didorong, dikibulin, ditekan, dll. aku nggak habis pikir kalau dia mau maju lagi tahun depan apalagi Megawati yang entah kenapa mau maju lagi. Menurutku jadi presiden itu, sekali sudah lebih dari cukup.

Tapi, mungkin saya yang mental babu ini nggak nyandak pikirane wong gedhe.

Power tends to corrupt. Absolute power corupt absoulutely

Nggak paham sama tulisanku? Sama😀

About dnial

You don't see anything You don't hear anything You don't know anything Move along and pretend nothing happen

Posted on 15 September, 2008, in experience, idealist, life, writting. Bookmark the permalink. 7 Komentar.

  1. Kalo katanya di film The Core sih :
    “You are not fit to be a leader because you never make a mistake”
    Kata kapten pesawat di The Core ke wakilnya.

    Au revoir.

  2. Padahal kalau aku baca sejarah Imperium Islam sejak Khalifah Abu Bakar, para khalifah itu hidupnya benar2 sengsara. Mereka bahkan sebisa mungkin menghindar dari tawaran menjadi pemimpin umat.

  3. @galih
    Nah, itu intinya. Banyak orang nggak takut memimpin. Orang yang nggak takut sama pedangnya (memimpin) aku rasa nggak ngerti betapa berbahayanya memimpin itu. Orang yang tahu, cenderung menghindar, konyolnya merekalah pemimpin yang, IMO, lebih layak.

    C’est la vie…😀

  4. Basically tiap orang punya skill of leadership, at least mimpin dirinya sendiri. Kalo mimpin orang yang lebih banyak yah tergantung publiknya maunya gimana.

  5. wakakakakakkaka.. ngakak ama tulisan penutup hehehehe..
    aku mental djongos om.. sama donk kekekekke

  6. @Wina

    Kalo mimpin orang yang lebih banyak yah tergantung publiknya maunya gimana.

    That’s why we have political advertising, right?

    @ulan
    It’s not a joke. It’s real.😛

  7. memang memimpin itu sangat berat tanggungjawabnya (kepada yang dipimpin dan Allah SWT), tapi kalau semua orang menolak jadi pemimpin, akan jadi apa dunia ini ? tentu akan sangat jelek pula jika semua orang ingin menjadi pemimpin!? so, kepada orang-orang yang (merasa tanpa sifat ambisius) sangat kompeten jadilah pemimpin dibidang masing-masing. bagi orang-orang yang (mohon maaf) tidak kompeten legowolah jadi yang dipimpin. kita pasti tidak berharap segala urusan menjadi amburadul gara-gara pemimpin memble.

Tinggalkan Balasan

