Tentang Google, Chrome dan Aplikasi Web

Engineer dan ilmuwan berbeda pada suatu hal yang sangat prinsip, reinventing the wheel. Sebagai engineer konsep reinventing the wheel adalah sia-sia, tidak banyak berguna. Mereka lebih memilih untuk mencari berbagai manfaat the wheel, mengembangkannya dengan berbagai fitur baru. Tapi pendekatan itu terkadang membuat segalanya semakin rumit.

Mari kita lihat contoh kasus, browser. Aku bicara tentang browser Internet. Netscape memperkenalkan sebuah fitur yang sangat revolusioner dalam dunia browser, TAB. Pengguna IE 6 pasti sepakat dengan repotnya berpindah dari window ke window, sedang pengguna Firefox dan Opera memanfaatkan tab. Microsoft sangat telat menyadari keampuhan tab ini dan baru memasukkannya ke IE 7.

Tapi desain tab bukan tanpa masalah. Pengguna Firefox 2 tentu pernah merasakan mangkelnya saat membuka situs dengan Flash (that’s why I hate Flash), sangat lambat dan boros memori dan hanya satu tab mempengaruhi kinerja keseluruhan browser. Aku sering mengistilahkannya dengan memori bocor, karena bisa mencapai 300 MB – 500 MB untuk satu aplikasi (Firefox saja). Firefox 3 telah mengatasi masalah ini tentunya, tapi membuka situs Flash masih merupakan perjuangan.

Lalu datanglah Chrome. Chrome adalah roda yang baru dalam dunia browser. Didesain dengan tab sebagai pusat, bukan fitur. Google mendesain Chrome berdasarkan arsitektur OS. Setiap tab memiliki alokasi memori terpisah. Sehingga satu tab yang rusak tidak membuat seluruh browser macet. “Just close the defective tab” , Google said.

Perubahan lain adalah cara pandang pengembangan browser. Browser pada mulanya hanya digunakan untuk membuka halaman web, itu saja. Lalu halaman web berevolusi, dimulai dengan javascript, lalu server side scripting (aka CGI, PHP, ASP, PERL, dll) dan sekarang AJAX. Cloud computing menjadi konsep yang mulai bisa dirangkul oleh pengguna Internet sekarang (okay, bukan di Indonesia, soon. Tapi itu cerita lain lagi).

Pengembangan Chrome adalah segaris dengan visi Google yang ingin mengembangkan SAAS (Software as a Service) dengan Google Apps.

Penjelasan tentang SAAS bisa di lain waktu tapi aku akan menjabarkan garis besarnya. Garis besarnya adalah sebuah sentralisasi aplikasi. Aplikasi seperti Office dan Mail telah menjadi begitu standar. Semua komputer memilikinya entah Free seperti OpenOffice, resmi atau mbajak. Masalah terjadi saat kita harus berpindah komputer. Flashdisk adalah solusi, dan penyimpanan data di Internet adalah solusi lainnya, pemyimpanan data ini memungkinkan kita menyimpan data di server Internet dan mengaksesnya dai tempat lain, contoh Rapidshare, Megaupload, dll. Lalu ada seorang wheel reinventor lain yang berpikiran nyeleneh, gimana kalau aplikasinya sekalian ditaruh di Internet? Lahirlah Internet Office, ZOHO, lalu Google Apps mengikuti tak lama kemudian, dan sekarang Microsoft menghadirkan solusinya. Efeknya, kita tidak memerlukan aplikasi office terinstall di komputer kita. Cukup sebuah browser dan kita bisa mengakses SAAS dan menjalankan aplikasi yang kita perlukan.

Di lain waktu aku mungkin akan membahas tentang pengembangan aplikasi web ini, karena, well, I’m a Web Developer. Dan aku melihat aplikasi berbasis web akan berkembang di masa depan.

Visi Google adalah Chrome akan menjadi Web OS. Browser hanyalah awal dari revolusi. Akhirnya Chrome akan terinstall di semua komputer di dunia untuk menjalankan berbagai aplikasi berbasis web. Menjadi ubiquitous, ada dimana-mana. Seluruh komputer dunia akhirnya tergantung pada Google, seluruh manusia di dunia akan tunduk pada Google. Dan Google akan memerintah kerajaan bumi dengan damai.

All Hail Google-kamisama.😀

Well, that a sound world domination plan, go Google go!

Just, don’t do evil.

About dnial

You don't see anything You don't hear anything You don't know anything Move along and pretend nothing happen

Posted on 20 Oktober, 2008, in IT, small talk, writting and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 15 Komentar.

  1. 6. You can make money without doing evil.
    – Google Corporate Philosophy –

  2. World Domination Plan. Good point.

  3. Dan orang yang sukses jadi milyuner adalah mereka yang bisa jadi insinyur + ilmuwan seperti foundernya Google?😛

    Dulu waktu google.com pertama kali muncul, Yahoo! adalah status quo. Orang-orang mencibir, “Ngapain bikin search engine lagi? Ngapain juga kita pake yang lain? Toh cara kerjanya serupa dengan Yahoo!, hasilnya juga kurang lebih sama.”

    Sepuluh tahun kemudian…🙄

    Sekarang saya malah serem dengan Google…they’re trying too much to be the new Microsoft on the web… Apa monopoli itu perkecualian dari “do no evil”?😦

  4. oh saiki jadi web developer ya? berarti project berbau VB dah ga ada lagi?

  5. @galih
    Sudah jadi agama jugak.😛

    @catshade
    Yahoo! menjadi terbelakang karena terlalu banyak fitur. Sedang google stay in touch dengan prinsip minimalis dan simple.
    Sebenarnya nggak juga… google fokus ke web dan mendorong open system dan komunitas open source, sedang Microsoft kukuh dengan sistem proprietary-nya.
    Google dapat banyak masukan ke open source dan memberi banyak ke sana.
    And Google use Linux! Linux user never be an evil person.😛

    @dr
    my job is : ASP.NET + VB.NET + Bizzflow = BPM (Bussiness Process Management)

  6. teori konspirasi.. hm.. interesting😀

  7. Eh ada S.Kom baru…😀
    Tunggu 5 tahun lagi…

  8. TAB mania

  9. tapi waktu peluncuran chrome sepertinya gak tepat,
    masih kalah telak dengan FF, walopun chrome masih beta, setidaknya fitur2nya harus lebih oke lagi🙂

    *FF2 lovers

  10. my job is : ASP.NET + VB.NET + Bizzflow = BPM (Bussiness Process Management)

    hmm… lalu, apa hubungannya dengan avatar Nara Shikamaru
    eh, OOT😛

  11. peduli amat isinya, yang penting saya tinggal make😛

  12. hidup google-chrome ^_^
    salam kenal..

  13. @tukangobatbersahaja
    Saya kembali ke Rubah Api😀

    @Wina
    Try chrome then.

    @tukang foto keliling
    Kekurangan chrome : addon😦

    @frozen
    Tidak ada. I just like the chara.

    @mardun
    Devil you know is better than devil you don’t know.

    @dhanie-k
    Saya FF mania😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: