Tentang Kopi dan Manajemennya

Programmer (n): An organism that can turn caffeine into code.

Dari definisi wikipedia, kopi mengandung kafein, kafein adalah stimulan saraf dengan cara menghilangkan lelah dan meningkatkan kewaspadaan. Kafein adalah zat penting untuk programer sebagai bahan inspirasi saat membuat program.

Meski tergolong”psychoactive substances”, kafein bukan bahan berbahaya tidak punya efek merugikan kesehatan meski diminum selama bertahun-tahun dan bahkan punya efek perlindungan terhadap kanker. Drink coffee, be healthy.

Tapi, aku pribadi punya beberapa masalah dengan kopi.

Candu. Salah satu indikasi candu adalah kita perlu lebih banyak untuk mencapai efek yang sama. Misal, sebulan lalu, cukup satu gelas kopi dan aku akan terjaga seharian, sekarang setelah makan siang aku butuh segelas lagi. Hal ini adalah indikasi bahwa kopi mengakibatkan candu. Semakin lama efeknya akan semakin berkurang dan aku butuh mengkonsumsi lebih banyak lagi.

Withdrawal. Setiap kali aku absen minum kopi, badan terasa lemas dan seringkali kepala jadi pusing. Ini adalah gejala withdrawal dari kopi.

Susah tidur. Ini sedikit absurd, meski tidak kuat terjaga, aku jadi susah tidur nyenyak.

Ketiga hal itulah yang membuat aku waspada terhadap kopi. Dan berhubung kerjaan di kantor berkurang, aku punya kesempatan untuk meng-cut kopi selama seminggu ini dan mereset tubuhku sehingga efek kopi bisa maksimal lagi, dan membuat tidurku nyenyak.

 

About dnial

You don't see anything You don't hear anything You don't know anything Move along and pretend nothing happen

Posted on 23 Desember, 2011, in experience, life and tagged , , . Bookmark the permalink. 6 Komentar.

  1. Programmer (n): An organism that can turn caffeine into code

    Ini definisi dari mana sih. Kayanya saya dan temen-temen saya lebih suka teh ketimbang kopi.😆

  2. Anu, saya ngga setuju kalo dibilang kopi ngga punya efek merugikan…
    Kafein itu ngga bagus untuk percernaan, terutama untuk penderita maag seperti saya.. Asam lambung bisa langsung naik kalo minum kopi…
    Terus kafein juga bisa mengganggu absorpsi kalsium jadi untuk jangka panjang bisa meningkatkan resiko osteoporosis…
    Yah secara umumnya sih, segala sesuatu baik makanan, minuman, maupun obat-obatan pasti ada efek negatifnya kalau dikonsumsi secara berlebihan…

  3. kalo dikado kopi luwak sebungkus masih mau menahan untuk ga minum kopi?😛

    saya juga belom pernah minum kopi luwak😆

  4. Iya, saya rasa kopi gak sesehat itu. Efek kecanduannya macam nikotin juga tuh..😕

  5. Gue udah gak minum kopi kayaknya 6 bulan ini, efek ketagihannya emang gak enak banget. Dan krn kopi yang biasa gue minum adl kopi instan semacam kapuchino gitu, kadar gulanya tinggi -_- gak baik buat diet😀

    Yuklah ngeteh2 aja

Tinggalkan Balasan

