Tentang rencana-rencana

Banyak orang beresolusi dan berencana. Mereka berusaha meresoleskan mau apa mereka tahun ini. Tampaknya gara2 tahun2 lalu banyak resolusi yang gagal, aku pun jadi enggan untuk bikin resolusi tahun baru.

Life is an adventure, life is what happen when you making plans, just do it, itulah hal-hal yang akan menjadi pedomanku. Berjalan, berubah, berevolusi dan beradaptasi. Akan ada banyak perubahan tahun depan, sama dengan tahun lalu yang penuh kejutan dan perubahan.

Aku punya banyak mimpi tentu, yang terus berubah setiap saat. Tapi bukankah hidup adalah soal mimpi yang dikejar, mimpi yang dikubur, mimpi yang melayang dan sedikit mimpi yang teraih?

Mungkin sebelum bermimpi, kita harus bertanya dulu, apa yang kita mau? Apa yang penting? Apa yang tidak perlu kita lakukan?

Hal-hal yang sering kita lupakan.

Fokus bukanlah punya 10 impian, tapi hanya punya satu. Fokus adalah soal bilang tidak pada hal-hal yang bukan impian kita, hal-hal yang tidak penting, hal-hal yang mengalihkan perhatian kita. Fokus adalah soal menutup pintu-pintu dan percaya setiap pintu yang tersisa akan membawa kita lebih dekat dengan apa yang kita impikan.

Adaptasi adalah soal mau berubah sesuai keadaan. Menyesuaikan layar sesuai arah angin, berbelok sebentar agar tiang layar tidak patah. Seringkali kita salah jalan, berhenti menyalahkan kenapa tidak memilih jalan yang lain tapi kita perlu menerima jalan yang ada dan jalan mana yang kudu ditempuh. Adaptasi adalah soal memanfaatkan apa yang ada, bukan berharap pada hal2 yang tidak kita miliki.

Kerja keras adalah kerja keras. Tidak ada jalan pintas, tidak ada kode curang, tidak ada pikiran korup, tidak ada malas-malasan.

Dan terakhir, percaya. Percaya bahwa seburuk apapun keadaan, sejauh apapun kita tersesat, pasti Tuhan buka jalan. Pada waktunya, sesuai rencana-Nya.

Fokus, adaptasi, kerja keras dan percaya. Itu saja.

Apakah saya sudah bisa bilang… salam super?

About dnial

You don't see anything You don't hear anything You don't know anything Move along and pretend nothing happen

Posted on 31 Desember, 2011, in experience, idealist, life and tagged , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. Disclaimer : Read this comment with Mario Teguh’s tone

    Luar biasa…bukankah itu filosofis yang indah sahabat super. Filosofis besar dari orang besar, karena orang besar berpikir besar.

    Ini kenapa jadi banyak nyebutin orang besar ya…apa karena pemilik blog (berbadan) besar?

    Oke sekarang komen serius :

    Pedoman yang menarik😀 Setidaknya bagi orang yg juga kaga niat amat bikin resolusi, saya mengerti posisi bung. Terutama pada bagian adaptasi, Memanfaatkan apa yang kita punya, itu pesan yang kuat. Bahkan terasa semakin kuat ketika bung menyebutkan pedoman percaya.

    Percaya adalah energi yang membuat kefokusan kita tidak menjadi sebuah kata benda melainkan sebuah kata kerja. Dan layaknya sebuah kata kerja butuh subjek aktif untuk mengaplikasikannya.

    All the best wishes for you. God love you😀

  2. Super sekali pak danial….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: