Tentang Indonesia Merdeka

Hari ini, 67 tahun yang lalu, Soekarno, yang sehari setelahnya dipilih menjadi presiden pertama RI, membacakan proklamasi kemerdekaan RI di rumahnya di Jalan Pegangsaan Timur nomor 56. Proklamasi ini menandai awal Perang Kemerdekaan yang berakhir pada tahun 1950 dengan diakuinya kemerdekaan RI oleh Belanda di Konferensi Meja Bundar di Den Haag.

Mereka yang bilang bahwa kemerdekaan RI itu adalah hadiah dari Belanda atau sekutu, silahkan datang ke Taman Makam Pahlawan dan bilang itu dengan keras di hadapan para pejuang yang meninggal dalam Perang Kemerdekaan, bahwa mereka tidak perlu mati, bahwa perjuangan mereka sia-sia karena toh itu hadiah.

Soekarno pernah bilang bahwa, “Perang kami melawan penjajah tapi perangmu melawan bangsamu sendiri.”

Perkataan itu selalu terngiang di telinga saat memandang korupsi yang masih merajalela di negeri ini, birokrasi yang tidak efisien, politisi yang tidak bisa dipercaya dan banyaknya kekerasan atas nama agama di negeri ini.

Di tengah carut-marut negara kita, ada sedikit harapan, kita makin disegani sebagai warga dunia, Presiden SBY mungkin setelah mejabat sebagai presiden akan mulai aktif di kancah internasional. Mungkin. Ekonomi kita cukup stabil dan berkembang pesat, tapi masalah kesenjangan ekonomi masih terasa. Yang merasakan pertumbuhan ini masih masyarakat menengah ke atas, warga miskin belum terbebas dari kemiskinan.

Indonesia secara ekonomi lebih stabil dari jaman Soeharto, meski nostalgia masa lalu masih gemar merayu warga yang sudah merasakan enaknya jaman Soeharto. Pembangunan negara di jaman Soeharto banyak dibiayai utang dan sebagian besar hutang itu dikorupsi, alhasil kitalah yang menanggung beban hutang yang sudah dikorupsi itu.

Korupsi masih banyak tentu saja. Tapi ada hal positif yang bisa kita ambil. Jaman Soeharto kita cuma tahu ada korupsi dan kita tidak tahu harus bagaimana. Kini warga mulai melapor ke KPK, kepolisian, kejaksaan. Bila ada yang bilang dulu nggak ada korupsi sekarang banyak, hal ini karena jaman dahulu korupsi ditutup-tutupi, sekarang dibuka dengan terang. Pelan dan pasti korupsi akan diberantas, tapi itu semua butuh proses dan tidak mudah.

Pendidikan dasar juga berkembang. Mendiknas akan mencanangkan pendidikan dasar 12 tahun, dari SD sampai SMA. Kualitas pendidikan kita juga berkembang, meski harganya juga melambung. Hal ini yang perlu dicarikan solusinya. Kemendiknas kudu berani bereksperimen dengan sistem pendidikan dasar kita agar bisa berkualitas dan terjangkau.

Kebebasan beribadah adalah isu panas di Indonesia. Banyaknya serangan terhadap tempat ibadah umat beragam minoritas, pembantaian terhadap Ahmadiyah, penyegelan gereja, dan kekerasan lain yang dilakukan kaum fundamentalis sangat meresahkan masyarakat. Untuk hal ini jaman Soeharto memang lebih baik. Hal ini tidak terlepas dari salah satu keunggulan jaman Orba, penegakan hukum(setidaknya terhadap perusuh dan pengganggu kebhinekaan) dan represi terhadap kaum fundamentalis.

Kita perlu saling berbicara. Kita perlu saling memahami, saling menghormati antar umat beragama. Aparat penegak hukum harus tegas dan berani terhadap para perusuh siapapun di belakangnya. Indonesia semakin resah, tidak hanya gereja dan masjid ahmadiyah, kini klenteng diserang hanya karena agama mereka sama dengan penduduk Myanmar. Mau sampai kapan ini dibiarkan?

Indonesia adalah negara yang sangat kompleks, masalahnya juga kompleks, penanganannya juga kompleks, butuh proses, butuh waktu dan tidak bisa instan.

Dirgahayu Indonesiaku!

Gambar dari: syauqieajha.wordpress.com

About dnial

You don't see anything You don't hear anything You don't know anything Move along and pretend nothing happen

Posted on 17 Agustus, 2012, in life, writting and tagged , , , . Bookmark the permalink. 6 Komentar.

  1. walau sudah cukup lama merdeka negara kita masih harus berbenah, perlahan tapi pasti

  2. Hello mates, fastidious piece of writing and pleasant arguments commented at this place, I am really enjoying
    by these.

  3. Have a good day yah …

  4. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokaatuh
    Dengan Hormat,
    Mohon Maaf Sebelumnya, Jika kami tidak berkenan

    Dalam rangka membantu menginformasikan ke saudara muslim kita
    yang belum bisa baca AlQuran
    Dengan ini kami menawarkan PROGRAM AFFILIASI dari Website kami,
    http://carabelajaralquran.com/affiliasi.php
    Dengan harapan Bapak/Ibu/Sdr berkenan mengikuti Sistem Affilasi ini.

    Adapun Pendaftaran Affiliasi Tanpa Syarat / GRATIS.
    dengan Produk Utama VCD Tutorial Cara Cepat Bisa Baca Alquran.
    Demikian yang Dapat Kami sampaikan.
    Atas Perhatian dan keikutsertaanya kami sampaikan Terima Kasih.
    SALAM SUKSES – Semoga Berkah

    Management

    Sholih Ilham

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: