Monthly Archives: November 2012

UMR Buruh dan Lapangan Kerja – Esai Sok Pintar

Beberapa hari terakhir beberapa tempat di Indonesia diramaikan dengan aksi demo buruh. Di Jakarta aksi ini memacetkan jalanan sekitar Bundaran HI dan saat aku berlibur ke Surabaya, bunderan Waru juga diramaikan dengan buruh yang bersiap konvoi ke kantor Gubernur Jatim untuk demo UMR juga.

Jadi, apa sih yang dituntut buruh?

Para buruh berdemo untuk menuntut peningkatan upah minimum. Di Jakarta nilai yang mereka tuntut 2,7 juta/bulan dan di Jawa Timur 2,2 juta/bulan.

Hanya ada satu kata: Wow!

Karena ternyata gaji adikku yg freshgrad tidak sebesar itu.

Kabar baiknya, gaji adikku bakal naik, kabar buruknya adik2 yang lain yang sedang mencari pekerjaan akan lebih susah mencari kerja.

Kok bisa?

Read the rest of this entry

Iklan

An update and some more

Setelah melihat sora9n ngeblog, akhirnya aku tergelitik untuk membuat sebuah tulisan blog baru. :))

Secara umum, setahun ini terjadi gelombang perubahan yang cukup besar dan yang terbesar akan terjadi seminggu dari sekarang. Perubahan status dari single menjadi married. Yeah, I’m getting married in 10th November!Gambar

Wanita yang akan kunikahi jelas bukan wanita sembarangan. Cerdas, menyenangkan dan selalu segar. Kami yakin kami akan melewati hari-hari bersama dengan saling mendukung, saling mengingatkan dan saling menguatkan. Berantem pasti ada, tapi sifat-sifat kami menunjukkan bahwa setiap kali bertengkar pasti bisa diselesaikan. Dan bakal banyak sukanya.

Kedua soal pengembangan diri. Di tahun ini aku mulai mengenal situs yang membuka wawasan tentang banyak hal, coursera. Coursera pada dasarnya adalah situs yang menawarkan kuliah online gratis kepada setiap orang yang mau belajar di seluruh dunia. Matakuliahnya mulai dari Ilmu Komputer, Ekonomi, Manajemen, Psikologi, Biologi, Kedokteran, sampai yang kuliah multidisiplin. Pokoknya banyak deh. Dan dosennya adalah pengajar dari universitas ternama di dunia. Kapan lagi dapat akses ke otak para ahli bertaraf internasional? Ini yang aku bicarakan dalam postingan soal skalabilitas pengajar. Aku senang pengetahuan dan kuliah-kuliah para ahli itu jadi mudah diakses.

Salah satu matakuliah yang sudah kuselesaikan adalah Gamification, di situ kita diajari bagaimana cara menerapkan suasana game-like ke situasi yang bukan game. Read the rest of this entry