Disclaimer

Ada dua cara untuk memulai belajar pemrograman. Pertama adalah mempelajari konsep dasar algoritma, pemrograman, struktur data, dll sambil melakukan pemrograman cara lain adalah dengan otodidak, mencari masalah dan menyelesaikan dengan cara-cara sendiri.

Cara belajar otodidak punya keterbatasan mendasar dibanding mereka yang memang disiapkan lewat sekolah untuk itu. Itulah kenapa walau di level dasar programmer bisa dari berbagai jurusan, untuk level selanjutnya sebagian besar adalah orang yang IT-related.

Sehebat apapun kita belajar sendiri tidak bisa menyaingi mereka yang belajar khusus tentang programming dari dosen yang qualified dengan kurikulum yang baik (except for a select geniuses). So if you want to get serious about programming get a degree. Dan kalau sudah bisa, jangan menyesal.😛

Dan itu untuk menunjukkan bahwa 4 tahun pelajaran di kampus tidak bisa digantikan dengan belajar sendiri. Dan itulah sebabnya aku menolak permintaan berbagai orang yang “minta diajarin pemograman” karena cara pikir orang IT beda dengan orang awam soal pemrograman dan aku nggak punya waktu untuk itu.

Nevertheless, belajar algoritma dan pemrograman bisa berguna untuk orang awam. Membantu berpikir terstruktur, sistematis dan runut.

Untuk membuatnya lebih jelas, selesai membaca buku Programming for Dummies, Programming in 24 Hours atau Beginners Guide to Programmer tidak membuat kita jadi programmer yang baik. But it’s a start, a good start. Dan hal itu berguna jika anda ingin punya kemampuan IT dasar dan cara berpikir yang terstruktur, sistematis dan runut. Tapi untuk ke level selanjutnya butuh roadmap yang jelas yang disebut kurikulum jadi kuliah IT adalah pilihan yang baik.

Ini adalah disclaimer-ku.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: