Monthly Archives: Mei 2006

Blurry – Puddle of Mudd

Blurry adalah lagu yang selalu terngiang di kepalaku, sesuai dengan suasana hati yang kacau dan banyak pikiran. Ini liriknya:

Blurry – Puddle of Mud

Everything’s so blurry
And everyone’s so fake
And everybody’s empty
And everything is so messed up
Pre-occupied without you
I cannot live at all
My whole world surrounds you
I stumble then I crawl

You could be my someone
You could be my sea
You know that I’ll protect you
From all of the obscene
I wonder what you’re doing
Imagine where you are
There’s oceans in between us
But that’s not very far

Can you take it all away?
Can you take it all away?
When ya shoved it in my face?
This pain you gave to me
Can you take it all away?
Can you take it all away?
When ya shoved it in my face?

Everyone is changing
There’s no one left that’s real
So make up your own ending
And let me know just how you feel
‘Cause I am lost without you
I cannot live at all
My whole world surrounds you
I stumble then I crawl

You could be my someone
You could be my sea
You know that I will save you
From all of the unclean
I wonder what you’re doing
I wonder where you are
There’s oceans in between us
But that’s not very far

Can you take it all away?
Can you take it all away?
When ya shoved it in my face?
This pain you gave to me
Can you take it all away?
Can you take it all away?
When ya shoved it in my face?
This pain you gave to me

Oh, Nobody told me what you thought
Nobody told me what to say
Everyone showed you where to turn
Told you where to run away
Nobody told you where to hide
Nobody told you what to say
Everyone showed you where to turn
Showed you where to run away

Can you take it all away?
Can you take it all away?
When ya shoved it in my face?
This pain you gave to me
Can you take it all away?
Can you take it all away?
When ya shoved it in my face?
This pain you gave to me

No, this pain you gave to me
Take it all away
Take it all away
Pain ya gave to me
Take it all away
This pain you gave to me
Take it all away
This pain you gave to me

Iklan

Apa Itu Gossip?

Gossip, kebanyakan kita sering mendengar tentang ini. Gossip adalah sesuatu yang menarik manusia. Liat aja banyak tayangan gosip tentang artis di TV. Mulai jam 6 pagi sampai sore aja ada.

Apa itu Gosip?

Gosip adalah sebuah cara penyebaran berita dari mulut ke mulut dan informasi yang disampaikan berupa rumor atau informasi rahasia/pribadi. Gossip sering disalahartikan dengan rumor yaitu informasi yang tidak memiliki data dan fakta yang valid. Sebabnya penyebaran rumor biasanya dilakukan lewat media gossip.

Trus buat apa?

Dalam era informasi, informasi adalah komoditas yang langka dan sangat berharga. Kecepatan dalam mendapatkan informasi dari kompetitor adalah suatu keunggulan. Gossip biasanya dimanfaatkan sebagai alat untuk mendapatkan dan menyebarkan informasi.

Fungsi dari gossip itu sendiri adalah:

  • Memperkuat batasan moral. Isu-isu seperti perceraian diangkat dalam aneka ria gossip untuk merefleksikan batasan moral masyarakat
  • Mengembangkan sense of community lewat kepentingan bersama dan informasi. Gossip sering dimanfaatkan sebagai alat untuk mempererat tali komunitas. Gossip seperti,”Eh si itu jalan sama anu” akan menambah rasa memiliki dalam komunitas.
  • Menghibur, gossip adalah suatu hiburan tersendiri karena itu disebut infotaiment
  • Mengembangkan cerita. Bumbu adalah suatu penyegar dalam gossip. Cerita yang jujur bisa berkembang menjadi sebuah cerita dengan sejuta bumbu.
  • Mengembagkan social accountability. Akurasi informasi dari gossip membantu kita untuk menentukan whos to trust in what to trust dalam komunitas.
  • Meningkatkan status sosial, sudah barang tentu siapa yang lebih sering digosipkan, dialah yang paling populer. =p
  • Sebagai alat perjodohan. Kepopuleran di atas bisa membantu kita mengekstrak informasi tentang calon pasangan kita, terutama jika ia populer maka informasi tentang dia bisa didapatkan dimana-mana(akurasi? Namanya juga gossip)
  • Merefleksikan opini publik yang sebenarnya.

Setelah kita lihat di atas maka bisa disimpulkan bahwa sebenarnya gossip adalah sesuatu hal yang baik. Tapi kok sawangane(bs jawa yang artinya kelihatannya) kok gossip itu jelek? Kenapa ya?

Apa sih sisi jeleknya gossip?

Kejelekan gossip adalah saat gossip itu dianggap sebagai suatu kebenaran. Liat aja di infotaiment tentang kasus artis2. Kita selalu melihat bias karena informasi yang kita dapat tidak lengkap atau telah korup. Hal ini dikarenakan informasi yang menyebar seringkali tidak obyektif dan reliabel(lidah tak bertulang bung!).

Banyak gossip berkembang menjadi suatu bencana publik yang tak terkendali. Untuk simulasi coba liat film “Gossip”, film tentang sekelompok anak muda yang mengembangkan gossip yang menurut mereka,”no dangerous” dan berakhir pada suatu kasus pembunuhan.

Seringkali gossip bersifat merusak karena berasal dari sumber yang seakan-akan dapat dipercaya dengan fakta yang seakan kuat, sehingga gossip itu diterima sebagai informasi.

Dalam bentuk extrem hal ini dapat berupa hoax, fraud, atau disinformation.

Gimana Cara Membuat Gossip?

Prinsip dasar sebuah gossip sama dengan prinsip dasar berbohong, Studi Kasus “Gosip Santi mau nikah”:

  1. Pilih topik yang bombastis seperti “Santi mau nikah”
  2. Cukup menyimpangkan sedikit dari fakta yang ada, disinformasi adalah raja,”Status YM : Persiapan akad nikah tanggal 2 Juni”
  3. Sembunyikan fakta yang melemahkan seperti, sebenarnya Santi sudah mbantah, and yang nikah sebenarnya mbaknya =p
  4. Tegaskan fakta yang meyakinkan walaupun spekulatif atau mengada-ada, “onok nang status YM-nya”
  5. Jika gossip itu tanpa dasar kembangkan dengan se-ekstrim dan sebesar mungkin. Main klaim tanpa dasar yang kuat bisa dilakukan
  6. Kasih referensi yang seakan kuat tapi susah dicrosscek, seperti kata Dosen, atau kata Rektor waktu pidato setahun yang lalu, ato rekaman yang nggak jelas suara sapa trus diaku rekamannya suara si X. “Status YM-nya gari selasa lalu kayak gitu kok”
  7. Sebarkan melalui sumber yang bisa dipercaya, “status YM-ku sendiri trus menjalar ke statusnya temen, diperkuat berita di BBS”
  8. Jangan pernah meragukan kebohonganmu.
  9. Jika kebohongan itu bisa meyakinkanmu itulah kebohongan sejati =p

Setelah anda bisa membuat sebuah gossip maka jangan disalahgunakan ya…

Kematian, Sebuah perayaan hidup

Apa itu kematian?
Kenapa kematian menakutkan?
Kenapa manusia harus mati?

Bagi seorang manusia, kematian adalah suatu akhir perjalanan.
Kematian adalah akhir.
Segala apa yang ingin kita lakukan berakhir saat kita mati.

Akhir, The End, Tamat, Fin.

Kematian juga berarti berpisah dengan orang yang kita sayangi.
Kita tidak bisa melihat senyumnya, tingkahnya, visinya, semua hilang.

Tapi ada dua hal yang tinggal dari seseorang saat dia mati, kenangan dan warisan.

Kenangan bicara soal apa yang dia lakukan saat dia hidup. Karena itu sering dibilang,”Walau dia mati, dia tetap hidup dalam hatimu”

Warisan bicara soal apa yang dia tinggalkan. Hal ini tidak melulu soal tanah dan rumah. Hal ini berarti pengajaran yang dilakukan, visi hidup, pekerjaan yang telah dilakukan. Warisan ini adalah hak prerogatif orang-orang hebat. Mahatma Gandhi, Martin Luther King, Abraham Lincoln, Soekarno, Moh. Hatta, dan masih banyak lagi.

Itulah kenapa kematian adalah sebuah perayaan kehidupan.

Tidak ada orang yang membenci orang mati, semua dendam, hutang, kebencian musnah bersama kematian, yang tinggal hanyalah kenangan manis.

Jadi janganlah kita terlalu bersedih saat kita melihat orang terdekat kita mati.
Kenanglah kehidupannya, rayakan kehidupannya itulah cara kita menghargai kehidupan mereka.

Karena kematian adalah saat kita merayakan kehidupan seseorang

Why Now?

For all the time in the world
Why now?
Wind that flows to my face
Sun that rays on my skin
Grass that tickle my feet
All of them remind me again
How coward I am
How stupid I am

Curse that bind me
Now have been broke down
When I am now free,
Why now?

But all I know,
True love waits

Badjoel – Apa itu badjoel?

Definisi badjoel menurut KBBJ(Kamus Besar Bahasa Jawa) adalah binatang melata yang bergigi panjang, berekor panjang, bermoncong panjang dan hidup di sungai yang dalam bahasa Indonesia disebut buaya.

Jadi apa itu badjoel? Badjoel adalah Bu Aya, suaminya Pak Aya =p.

‘Nough for the crap. Jadi apa itu badjoel menurut buku Badjoel For Dummies?

Badjoel adalah sebutan untuk pria yang tidak mampu membuat komitmen(komitmen dengan lawan jenis, kalo dengan sesama jenis tidak dibahas di sini).

Kalau wanita sebutannya apa?

Ya Badjoelwati atau istilah yang dikatakan temenku si Antie The Narsis One,

TELAGA® (tempat kodok dan buaya berkejaran =p).

Trus komitmen apa yang dimaksud? Untuk membahas hal ini mari kita lihat sebuah Filosofi Katak®. Ibaratkan seekor katak adalah seorang laki-laki dan genangan adalah pasangannya, maka seekor katak suka bermain-main di kala hujan, dari satu genangan ke genangan yang lain. Itu adalah sebuah kebebasan. Itulah prinsip badjoel.

Di sisi lain, ada katak yang ketiban sial. Saat mereka bermain-main di tengah hujan, mereka melompat ke dalam sumur(atau kubangan yang dalam) dan tidak bisa keluar, itulah laki-laki yang membuat komitmen.

Ada lagi katak yang saking tidak hati-hatinya terjebak dalam toples, mereka ini adalah laki-laki yang terlibat komitmen kelewat dalam sama wanita sehingga nggak bisa lepas.

Jadi pada dasarnya saat di genangan, saat di sumur, maupun di toples mereka tetap katak, mereka tetap merindukan bermain-main di bawah air hujan. Bagaimanapun keadaannya seorang pria tetaplah badjoel(riset yang sama belum dilakukan kepada wanita), tidak pernah berhenti, tidak akan berhenti menjadi seorang badjoel.